Skip to main content
×

Tiga bagian untuk menjadi WEB DEVELOPER PROFESIONAL di dunia

Mungkin kita sering mendengar WEB DEVELOPER, apasih WEB DEVELOPER itu ?

Web Developer adalah seorang programmer yang membuat sebuah program dan aplikasi untuk world wide web . Seorang Web Developer tahu dan mengerti cara membuat sebuah website dari nol hingga bisa dipakai dengan tampilan yang unik,dinamis,responsive.

Gambar-untuk-menjadi-web-developer


Tiga bagian untuk menjadi WEB DEVELOPER PROFESIONAL di dunia


Web Developer terbaik

bertanggung jawab atas web yang dibuatnya, Tugas web developer bukan hanya membuat, tapi juga menjaga dari orang jahil / serangan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Web Developer terbagi menjadii beberapa bagian. Front-End , Back-End , dan Full Stack

Front End Developer

Front end developer adalah bagian depan website yang bisa diakses oleh user, Saat membuat website terlihat tampilan text,font,warna,gambar,menu dll yang ada pada website. Itu semua dibuat oleh beberapa bahasa pemograman/coding yaitu HTML, CSS, dan JavaScript.

Seorang Front End Developer juga bertanggung jawab atas tampilan website yang dibuatnya, front end developer menyusun,menganalisa dan mengelola website untuk membuat  interface user dan user experience.

Front End Developer  juga harus familiar dalam beberapa framework seperti Bootstrap,Backbone, Foundation, EmberJs Dan AngularJS.Itu semua agar memastikan bahwa konten akan selalu terlihat bagus dan enak dipandang di semua device(perangkat) atau mobile friendly. Tidak hanya itu saja, Frontend developer juga  bisa dan mengerti tentang Library seperti  LESS,jQuery dll. untuk menjadikan satu code agar bisa digunakan untuk lebih efisien.

Back End Developer

Back end adalah website dari sebuah server, software/aplikasi dan database. Seorang developer(pengembang) back end bertanggung jawab dalam membangun dan mengelola teknologi agar mendukung tiga komponen tersebut untuk front end website bisa dibuat.

Agar komunikasi antara beberapa server, aplikasi dan database tetap berjalan dengan baik dan lancar, back end developer menggunakan bahasa pemograman side server seperti Phyton,PHP,Ruby,Java dan.net untuk membangun aplikasi dan tools seperti MySql, Oracle, dan server SQL, ini berguna untuk menyimpan,mengubah atau mencari data dan menyajikan ke codingnya front end.

Back end developer perlu berkolaborasi bersama tim lain untuk mengerti apa yang ingin di capai oleh webiste ini, Dengan begitu mereka bisa menyusun keperluan teknis apa saja yang diperlukan dan bisa memberikan solusi yang terbaik dan paling efektif dan efisien untuk apa yang mereka buat ( teknologinya ).

Full Stack Developer

Full stack Developer adalah seorang yang tau dan menguasai bahasa pemograman HTML,CSS,Java Script dan satu atau lebih menguasai bahasa pemograman back end. Untuk menjadi full stack developer harus menguasai bahasa pemograman Frontend Developer dan juga Back End Developer.

Tetapi untuk menjadii seorang developer full stack  bukan berarti harus mengerjakan semua bahasa front end atau back end dalam sebuah website,tetap  satu bahasa programming saja, tetapi full stack developer harus bisa juga melakukan dalam analisa masalah pada kedua bagian tersebut,  ada beberapa programmer yang menjadi full stack developer sepenuhnya mengerjakan sendiri, biasanya mereka yang bekerja freelance atau hanya dia yang menjadi developer di perusahaan tersebut.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar