Skip to main content
×

Fungsi dari urutan kabel STRAIGHT ataupun CROSS

Kita akan melanjutkan postingan saya yang membahas tentang apa itu kabel UTP, dan susunan dari kabel UTP tersebut.



setelah sudah menyiapkan tools /  bahan-bahannya, kita akan langsung membuat kabel UTP menjadi tersusun menjadi STRAIGHT atau CROSS.

kenapa harus ada standart urutan kabel straight atau pun cross ?
kalau secara teori seharusnya bisa tetap terkoneksi, karena ujung dengan ujung tetap sama urutannya dengan ujung yang lainnya. TETAPI kenapa di buat standart straight dan cross.
Untuk jarak pendek hasil tidak akan tampak dan tetap akan terkoneksi dengan baik, tetapi jika sudah jarak jauh kurang lebih sekitar 30 meter an masalah mulai terlihat, dari sering muncul tidak terkoneksi dengan baik, sering nya RTO ( Request Time Out ) ataupun tidak bisa jalan di FULL SPEED. Itulah mengapa pengkabelan STRAIGHT atau CROSS sudah di buat standart nya.



sekarang apa fungsi nya ada Straight atau Cross ?

Simak penjelasan di bawah

Penggunaan Kabel Straight.
  • Agar bisa menghubungkan antara dua Hub atau Switch ke salah satu Hub atau Switch, Agar port dari UpLink dan yang lainnya bisa menggunakan port yang biasa.
  • Menghubungkan anatar komputer ke port biasa pada Switch.
  • Agar datap menyambungkan port dari WAN Router ke Port dari LAN modem cable ataupun DSL.
  • Menyambungkan port kabel LAN router ke port kabel UpLink di Switch.
  • Menghubungkan antara Komputer ke Port LAN modem cable atau DSL.
Penggunaan Kabel Cross
  • Menghubungkan dari komputer ke port UpLink Switch
  • Menghubungkan dari port LAN router ke port yang ada du Hub atau Switch
  • Menghubungkan antara dua komputer secara langsung
Kita sudah mengetahui kegunaan dari kabel STRAIGHT ataupun kabel CROSS, terus bagaimana cara nya agar kita bisa membuat susunan kabel menjadi straight atau cross.

- Pertama kalian kupas terlebih dahulu ujung kabel UTP sekitar 2-3 cm atau secukup nya, sehingga bagian-bagian dari kabel terlihat.
- Kemudian susun dan urutkan warna kabel tersebut hingga menjadi urutan kabel straight atau cross.
- Setelah sudah di susun hingga menjadi urutan straight atau cross, kemudian masukkan ujung kabel dengan RJ-45. ( masukkan kabel secara rapi, jangan ada 1 kabel pun yang tidak sama rata saat di masukkan ke RJ-45 )
- Kemudian sesudah kalian susun, kencangkan urutan kabel tersebut menggunakan TANK Crimping.
- Setelah kalian memasukkan kabel ke RJ-45, kemudian TEST kabel UTP yang telah menjadi urutan kabel straight atau cross ke LAN Tester.
- Jika warna dari LAN Tester hidup semua secara berurutan, maka tanda nya kalian telah berhasil membuat urutan kabel straight ataupun cross.

Itulah cara membuat kabel STRAIGHT ataupun CROSS,walaupun terlihat sangat mudah dan simple dalam pembuatannya tetapi harus jeli dan ketelitian.
Untuk orang yang baru belajar pembuatan urutan kabel straight atau cross dibutuhkan kesabaran, karena kabel mudah tergeser saat mau dimasukkan ke RJ-45. Tetapi jika yang sudah terbiasa akan terlihat mudah baginya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar