Skip to main content
×

Dua cara mengembalikan file yang tersembunyi

Apakah kalian pernah tiba-tiba saat kalian ingin mengerjakan tugas file / dokumen nya hilang ? padahal kemarin seperti nya baik-baik saja, dan kita yakin bahwa file tersebut sudah kita save di drive atau flashdisk yang benar, masa file dokumennya di ambil makhluk halus , apakah file benar-benar hilang, apakah kita memang lupa untuk menyimpan file / dokumen tersebut ?

JANGAN PANIK...

Tenang teman, jangan langsung berprasangka buruk, jangan langsung berpikiran bahwa file / dokumen kita hilang gara-gara virus, bisa jadi file / dokumen kita hanya tersembunyi ( hidden ) oleh antivirus. Loh kok antivirus ? iya antivirus, bisa jadi antivirus kita belum update atau karna file / dokumen kita berformat aneh di baca oleh antivirus tersebut, jadi otomatis anticirus tersebut menyembunyikan file tersebut.

Ada Dua Cara Yang Bisa Kita Lakukan Saat File / Dokumen Kita Tersembunyi

1. Untuk mengembalikan file yang tersembunyi kalian bisa menampilkan kembali file tersebut, untuk membukanya pertama-tama kalian pilih VIEW di tab menu, kemudian kalian pilih OPTIONS dan pilih CHANGE FOLDER AND SEARCH OPTIONS



Setelah itu kalian berada di FOLDER OPTIONS - FILES AND FOLDERS - HIDDEN FILES AND FOLDERS kemudian kalian pilih SHOW HIDDEN FILES, FOLDERS, AND DRIVES.


coba lihat kembali, apakah folder kalian memang benar tersembunyi atau tidak, jika masih tidak ada saya akan mencoba memberikan satu cara lagi yang bisa kalian ikuti, Jika cara nomor 1 masih tidak di temukan file /  dokumen kalian, mungkin cara yang kedua ini bisa membantu.

2. langkah pertama kalian buka COMMAND PROMPT kemudian ketikkan CMD di command prompt tersebut,untuk cara nomor dua ini kalian bisa membuka command prompt dengan administrator.



Setelah itu kalian bisa memilih,folder di drive mana yang ingin kita tampilkan dari drive mana yang tersembunyi, di kotak command prompt kalian ketik " attrib /? " 


( attribt adalah perintah yang berada pada os windows, dan berfungsi agar menampilkan / menganti atribut file nya. )

Setelah itu ketikkan di command prompt, tanda attribt tersebut, diikuti dengan perintah yang berada pada keterangan command prompt nya tersebut. 


saya akan memberi sebuah contoh nya : karena flashdisk saya berada pada dive : G, ketikkan di comand prompt nya G: kemudian kita ketik lagi di comand prompt tadi " attribt " dan sesuaikan apa saja yang ingin kalian tampilkan ( attribt -r -a -s -d  /d /l /h ) , setelah itu kalian bisa menunggu hingga process drive kita selesai dengan otomatis, jika process attribt telah selesai, kalian bisa langsung melihat lagi, apakh folder yang tadinya terhidden drive tersebut sudah tampil kembali.

Jika kedua cara di atas masih juga belum bisa untuk mengembalikan file / folder yang hilang, kemungkinan terhapus, untuk melihat sebuah file / dokumen yang sudah terhapus kalian bisa mencari nya di recycle bin (kotak sampah), Jika di recycle bin nya hilang, itu memakai cara, langkah dan step yang berbeda.
Itulah dua cara untuk menampilkan file yang terhidden di komputer / laptop /  flashdisk, Semoga cara ini bisa bermanfaat bagi ktia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar