Skip to main content

Memulai Belajar Pemograman

Di zaman sekarang ini yaitu era modern, Menjadi seorang developer web, desktop, android atau game adalah bidang yang banyak di cari oleh perusahaan, karena dengan membuat sebuah program web, desktop, android atau game perusahaan tersebut dapat lebih mudah mengerjakan pekerjaannya, Lalu apa itu developer ?

Developer adalah adalah seorang programmer yang membuat program dan berpengalaman dalam membuat sebuah program, mereka bukan hanya terlatih, tetapi mereka juga bisa dan mampu untuk membuat, merancang, mengimplementasi, mengembangkan dan menyelesaikan sebuah masalah dalam program.

Bagi yang ingin menjadi seorang Developer Web, Desktop, android atau Game, Kalian harus mengetahui apa itu Pemograman, Programming, Programmer dan Program.

Pemograman
Pemograman adalah sebuah proses Menulis, Menguji, Memperbaiki, dan juga Memelihara kode-kode pada sebuah program komputer. Tujuan adanya sebuah program adalah untuk melakukan suatu perhitungan dari pekerjaan sesuai keinginan si pembuat / pemogram.

Programming
Programming adalah suatu kegiatan ataupun aktivitas dalam membuat sebuah program.

Programmer
Programmer adalah sebuah sebutan seseorang yang sedang melakukan programming hingga menghasilkan sebuah program.

Program
Program adalah instruksi-instruksi yang ditulis untuk melakukan sebuah fungsi spesifik pada komputer atau hasil proses pemograman oleh seorang programmer.

Setelah mengetahui dari keempat sebutan di atas, kita harus bisa melatih logika dan mempelajari hal berikut ini.



Algoritma

Algoritma, di dalam matematika atau ilmu komputer algotima adalah sebuah urutan-urutan ataupun langkah-langkah untuk sebuah perhitungan / menyelesaikan sebuah permasalahan yang ditulis secara berurutan, dari instruksi-instruksi yang didefinisikan dengan baik untuk menghitung fungsi, dimulai dengan kondisi awal lalu dieksekusi dan diproses lewat sejumlah urutan kondisi yang pada akhirnya mengasilkan keluaran.

Di dalam sistem komputer, Sebuah algoritma pada dasar adalah logika yang ditulis di dalam perangkat lunak oleh pengembang, supaya lebih efektif untuk komputer agar tertarget untuk mesin tertentu, untuk menghasilkan keluaran dari input / masukan.

Algoritma mempunyai 3 bentuk dasar


1. Algoritma Sekuensial ( Sequence Algorithm )
Merupakan algoritma yang berurutan, dari awal hingga akhir, Bentuk dari algoritma sekuensial seperti algoritma memasak mie instan,Langkah demi langkah yang di lakukan sampai bawah

Okee saya akan mencoba membuat algoritma dasar yang sering dilakukan oleh manusia.

algoritma untuk memasak mie instan.
  • Pertama, Siapkan 1 Bungkus mie instan, Panci, Air secukupnya, Mangkok, Sumpit.
  • Kemudian masukkan air secukupnya kedalam panci
  • Hidupkan kompor
  • Taruh air nya di atas kompor yang sudah menyala api
  • Tunggu hingga air yang di atas panci mendidih
  • Kemudian masukkan mie instan ke dalam air yang sudah berisi air mendidih
  • Aduk mie instan ( Boleh di masukkan telur,cabai dan bahan lainnya ke dalam mie instan ) dan tunggu hingga matang
  • Taruh bumbu mie instan ke dalam mangkok
  • Jika mie instan sudah matang, Masukkan mie ke dalam mangkok
  • Aduk hingga bumbu nya merata
  • Mie siap di santap
2. Algoritma Perulangan ( Looping Algorithm )
Merupakan algoritma yang melakukan langkah secara berulang-ulang atau looping, pada saat membuat sebuah program kita membutuhkan langkah yang harus kita lakukan secara berulang-ulang. Contoh algoritma looping di dalam kegiatan manusia sehari-hari ialah algoritma menjemur pakaian.

algoritma menjemur pakaian.
  • Siapkan pakaian di dalam baskom yang ingin di jemur
  • Peras pakaian terlebih dahulu
  • Letakkan pakaian pada tiang jemuran
  • Ulangi langkah pertama sampai ke tiga hingga pakaian habis di dalam baskom
3. Algoritma Percabangan atau Bersyarat ( Conditional Algorithm )
Merupakan algoritma yang menjalankan langkah-langkah berikutnya, Jika syarat langkah sebelumnya telah terpenuhi.

algoritma bersyarat.
  • Siapkanpanci bersih
  • Masukkan air ke dalam panci secukupnya
  • Tutup panci
  • Letakkan panci di atas kompor
  • Hidupkan kompor
  • Tunggu hingga air mendidih
  • Angkat panci dari kompor jika air telah mendidih

Pengertian dari algoritma tersebut, dapat di ketahui bahwa algoritma yg baik yaitu mempunyai 5 kriteria seperti ini :

- Masukkan ( Input )
Algoritma mempunyai nilai input 0 ( Nol ) atau lebih.

- Keluaran ( Output )
Algoritma harus menghasilkan / mengeluarkan nilan minimal 1 output.

- Terbatas ( Finite )
Algoritma harus tau berhenti, Setelah melakukan langkah-langkah yang tepat dan di perlukan.

- Pasti ( Definite )
Algoritma nya harus jelas, Kapan algoritma mulai dan akhir. Tujuan membuat algoritma langkah-langkahnya nya harus sangat jelas

- Efisien
Untuk membuat sebuah algoritma, haruslah efisien.

Dalam belajar pemograman, Hal terpenting untuk dapat memahami bahasa pemograman adalah logika, Bagaimana logika kita dapat berpikir untuk memecahkan sebuah masalah program yang kita buat.

Fungsi dan juga keuntungan menggunakan algoritma di dalam pemograman.

- Dapat mengatasi dan menyelesaikan permasalahan rumit di dalam program yang melibatkan perhitungan, Dengan menggunakan hitung-hitungan di dalam program, seringkali menemukan error' didalam program dan dapat membuat program tidak berjalan sesuai keinginan, Hal ini dapat diminimalisir dengan menerapkan sebuah algoritma di dalam pemograman.

- Menerapkan algoritma di dalam program dapat memudahkan membuat dan mengembangkannya jadi lebih mudah, karena di buat secara urut dan juga sistematis.

- Pembuatan program menggunakan algoritma dapat lebih mudah mengetahui kesalahannya dan bisa lebih cepat untuk di perbaiki.

- Dengan menggunakan sebuah algoritma proses pembuatan dan penyelesaian dalam membuat program akan lebih mudah untuk diimplementasikan.

Flowchart

Flowchart adalah suatu bagan dengan gambar / simbol-simbol tertentu, yang menggambarkan sebuah urutan proses ( instruksi-instruksi ) untuk penyelesaian suatu masalah.

Simbol Diagram Alur


Flowchart merupakan sebuah langkah awal dalam proses pembuatan program, dengan menggunakan flowchart urutan proses untuk pembuatan program akan menjadi lebih jelas dan juga bisa lebih dipahami,Selanjutnya programmer akan menerjemahkannya ke dalam bentuk program menggunakan bahasa pemograman,  Jika di kemudian hari ada penambahan dalam program, proses dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Kita akan membuat flowchart untuk memasak mie instan.

Flowchart

Model penulisan flowchart di bagi menjadi dua bagian, Yaitu:

1. Flowchart menggambarkan suatu alur sistem
Yaitu bagan / simbol yang memperlihatkan urutan dan proses dari beberapa file di dalam media tertentu, Melalui flowchart dapat terlihat jelas sebuah media penyimpanan yang dipakai di dalam pengolahan data. Selain itu juga menggambarkan file yang dipakai sebagi Input dan Output.

2. Flowchart menggambarkan alur dari suatu program
Yaitu bagan / simbol yang mengurutkan hubungan proses di dalam suatu program.
Ada dua jenis metode penggambaran di dalam flowchart :

- Conceptual flowchart, Yaitu menggambarkan dari alur pemecahan masalah secara global.
- Detail flowchart, Yaitu menggambarkan dari alur pemecahan masalah secara rinci.

Pseudocode

Pseudocode secara gampangnya untuk di mengerti adalah deskripsi nya dari algoritma pemograman komputer atau struktur sederhana dari bahasa pemograman tersebut yang tujuannya agar dapat di mengerti dan dipahami prinsip algoritma oleh manusia.

Fungsi pseudocode ini sama dengan langkah-langkah flowchart, yang membedakan ialah letak dan juga cara penyampaiannya. Pseudocode menggunakan kata-kata untuk bisa menjelaskan suatu algoritma yang di buat

Okee - Setelah algoritma flowchart, Bagaimana cara membuat pseudocode ? - Bebas untuk menggunakan bahasa pemograman apa saja ! ( Jawab di komentar )

Input Process Output ( IPO )

- Input ( Masukkan ) merupakan tahap awal proses pengolahan pada sistem komputer, Input berupa masukkan data mentah lalu di masukkan ke dalam sistem komputer melalui input device, Misalnya Keyboard, Mouse, Flashdisk. Alat-alat ini yang di gunakan untuk masukkan data yang akan kita olah, seperti misalnya keyboard, Keyboard di fungsikan untuk memasukkan angkat atau huruf maupun simbol-simbol ke dalam komputer yang selanjutnya akan di proses.

- Proses ( Pemrosesan ) Data yang telah dimasukkan melalui peralatan input, selanjutnya akan di
proses oleh CPU sedemikian rupa, sehingga data tersebut siap di jadikan informasi kemudian di cetak.

- Output ( Pengeluaran ) Informasi yang diproses oleh CPU kemudian bisa di keluarkan atau di cetak menjadi hardcopy ataupun softcopy.
Penjelasan tentang pengeluaran ini dimulai dari layar monitor komputer menampilkan data berupa angka,huruf,gambar atau suara, lalu di keluarkan lagi ( keluaran - printer ) file menjadi hardcopy atau softcopy.

Bahasa Pemograman

Bahasa pemograman atau yang sering kita sebut bahasanya komputer atau bahasa pemograman komputer, adalah sebuah instruksi untuk kita memerintah sebuah komputer, Manusia yang bisa memerintahkan komputer atau menulis sintaks di komputer menggunakan bahasa pemograman yaitu seorang programmer, Bahasa pemograman merupakan sebuah dari aturan sintaks dan juga semantik yang dipakai untuk mendefinisikan dari program komputer.

Menurut wikipedia, Bahasa pemograman digolongkan menjadi beberapa generasi :

  1. Machine Language ( Bahasa Mesin )
  2. Assembly Language ( Bahasa Rakitan ) Bahasa Tingkat Rendah
  3. High Level Programming Language ( Bahasa Tingkat Tinggi )
  4. Fourth-Generation Language
  5. Programming Language Based Object Oriented & Web Development
Bahasa pemograman berfungsi untuk memerintah sebuah komputer agar menghasilkan keluaran dari bahasa pemograman tersebut sesuai alur berpikir yang kita mau, hasil keluaran dari bahasa pemograman yang di tulis berupa program atau aplikasi, Misalnya program kasir di toko atau pun mall dan swalayan.

Mempelajari bahasa pemograman sangat penting untuk di pelajari, karena itu akan menjadi sebuah ladang bisnis di dalam dunia digital maka dari itu bahasa pemograman sekarang banyak di geluti oleh anak sekolah maupun orang dewasa.

Bahasa Tingkat Rendah

Bahasa pemograman tingkat rendah, atau bahasa rakitan ( Bah. Assembly ) satu-satunya bahasa pemograman yang dioleh oleh komputer secara langsung tanpa menggunakan kompilasi. Contoh bahasa pemograman tingkat rendah adalah bahasa mesin.

Komputer hanya mengetahui angka 1 dan 0 atau yang disebut dengan angka biner atau sistem bilangan basis dua, contohnya : 01110010 01101111 01100011 01101011 01111001 01110000 01110010 01100001 01110100 01100001 01101101 01100001 00101110 01100011 01101111 01101101 

Sistem bilangan ini biner ini ditemukan oleh seorang Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17, Sistem bilangin modern ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital, Dari sistem bilangan biner kita dapat mengkonversikannya ke sistem bilangan Oktal atau Hexadesimal atau yang di sebut dengan istilah bit ( Binary Digital ).

Bahasa Tingkat Menengah

Bahasa pemograman tingkat menegah, bahasa ini dapat masuk ke dalam tingkat rendah ataupun tinggi, Misalnya pada bahasa C .

Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa pemograman tingkat tinggi adalah bahasa yang sekarang ini banyak di pakai oleh perusahaan, karena bahasa ini mendekati bahasa manusia ( english ), Bahasa pemograman tingkat tinggi : Java, PHP dan masih banyak lagi.

Syntaks

Syntak di dalam bahasa pemograman adalah aturan yang digunakan untuk menuliskan kalimat di dalam bahasa pemograman agar dapat di mengerti oleh komputer, di dalam pembuatan program, seluruh aturan harus di penuhi. Ketika akan di kompilasi setiap baris pada bahasa pemograman akan dilakukan pengecekan, Jika di dalam penulisan terdapat syntaks yang salah, maka compiler akan memberikan laporan / peringatan ( error' Message ) dan compiler tidak akan memproses pembuatan bytecodenya, sampai penulisan syntaks tersebut di perbaiki dan tidak terjadi error.

Untuk bisa berkomunikasi dan memerintahkan komputer maka kta haruslah mempelajari bahasa pemograman, dimana itu sudah ada aturannya, Karena seorang programmer dengan bahasa pemogramannya dapat mudah untuk membuat sebuah program yang telah di rancang.

Apakah kalian menyukai berkomunikasi dengan komputer ? seperti misalnya Google Asisten, Cortana, Alexa atau Jarvis ? itu semua di buat oleh bahasa pemograman. Karena di zaman modern ini semua hal sudah mulai di kendalikan oleh bahasa pemograman yang di jadikan robot.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar