Skip to main content

Mengaktifkan tethering menggunakan handphone dan laptop

Mengaktifkan tethering menggunakan handphone ataupun laptop - Tethering adalah sebuah signal yang di tangkap oleh device lain menggunakan data seluler atau koneksi internet kita.

Koneksi internet menjadi suatu kebutuhan di jaman yang modern ini, semua aplikasi yang bisa berkomunikasi jarak jauh membutuhkan internet. Jika sehari saja kita tanpa internet, kita pasti tidak bisa berkomunikasi jarak jauh dengan kerabat dan juga bisa ketinggalan informasi penting di dunia maya.




Maka terkadang disaat handphone kita kehabisan kuota internet, kita meminta tethering dengan teman atau kerabat di sekitar kita.

Banyak para pengguna yang suka mencari signal wifi di tempat ramai, seperti di mall, Sekolahan, area sekitar pasar, halte dan tempat ramai lainnya. Biasanya banyak dari mereka yang lupa mematikan signal wifi atau tethering di handphone nya.

Baca Juga : Perbedaan Tethering dan Hotspot Wifi

Cara membuat tethering menggunakan handphone android


Android mempunyai fitur yang banyak, selain mudah di gunakan android juga menjadi handphone yang banyak dipakai para kalangan anak - anak, remaja dan dewasa. Semuanya sudah bisa mengaktifkan tethering karena sudah menjadi kebiasaan untuk berbagi kekerabat kita.


Masuk ke Pengaturan - Pilih Hotspot Portabel - Geser tombol untuk mengaktifkan.

Fitur tethering android xiaomi

Hotspot portabel - Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan tethering.

Atur hotspot portabel - Untuk membuat nama jaringan tethering kita dan juga untuk mengatur password di jaringan signal tethering.

Batas data satu kali - Untuk mengatur data seluler, Jika kita mengaktifkan 'Batas data satu kali' maka ada pilihan batas data seluler " 500MB,100MB,150MB,200MB,kustom ( membuat batas data seluler yang kita tentukan sendiri ) Jika batas seluler telah mencapai limit yang telah ditentukan, maka device kita akan memberikan sebuah notifikasi.

Otomatis tutup hospot - Jika mengaktifkan fitur ini, maka jika tidak ada device yang terhubung ke signal tethering kita, maka otomatis signal tethering kita menjadi tidak aktif.

Di bagian KELOLA PERANGKAT ada fitur Perangkat terhubung - Jika mengaktifkan fitur ini kita bisa membatasi dan memblokir device yang ingin masuk ke signal tethering kita.



Bagaimana ? Sangat mudah bukan !

fitur - fitur yang disediakan oleh handphone android ? banyak manfaat dan bisa anda gunakan dengan mudah loh.

Bukan hanya android, sistem operasi handphone lain pun bisa seperti iphone, apalagi untuk tethering iphone 7 atau versi iphone lainnya. Oia kalau di iphone nama tethering di handphone " Personal Hotspot " beda dengan nama tethering xiaomi " Hotspot portabel ".

Selain handphone android dan iphone, ternyata laptop juga bisa untuk mengaktifkan tethering atau nama di laptopnya ad hoc.


Mengaktifkan tethering melalui laptop



Bukan hanya handphone yang bisa memberikan tethering ke device lainnya, Selama ini yang kita tau yang bisa memberikan signal tethering hanya perangkat android tetapi laptop pun ternyata bisa loh memberikan signal tethering.

Tetapi jika ingin menghidupkan tethering laptop maka laptopnya harus bisa internetan, mau menggunakan kabel jaringan ataupun menggunakan modem, jika tidak ! laptop tidak akan terhubung ke internet dan semua device yang terhubung ke tethering laptop tersebut.

Untuk mengaktifkan ad hoc, harus tau dulu cara nya. Gampang kok, kalian bisa mengikuti langkah - langkah yang saya berikan

Ada dua cara untuk mengaktifkan signal tethering di laptop menggunakan Control Panel dan ( CMD ) Command Prompt.

Melalui Control Panel 


Control panel pada windows 7 

  • Buka Control Panel  -  Pilih Network Dan Internet  Network And Sharing Center  -  Klik Manage Wireless Network

  • Kemudian klik tombol Add, Maka akan muncul pilihan ( Manually Create A Network Profile atau Create ad hoc network ) pilih yang Create ad hoc network

Pilih add

  • Setelah masukkan nama wireless Network name dan masukkan password Security key, Pada Security type biarkan saja type nya WPA2-Personal.
  • Ceklist pada pilihan Save this network kemudian Next

masukkan nama wifi dan password

  • Selesai... Tethering menggunakan laptop sudah bisa dilakukan,maka tampilannya seperti berikut.

tethering sudah berhasil dibuat



Menggunakan Command Prompt ( CMD ) 

Selain melalui Control Panel bisa juga menggunakan Command Prompt ( CMD ), Apa itu Command Prompt ( CMD ) ? Command Prompt adalah sebuah Command Line ( Baris Perintah ) berbasis GUI pada Operating Sistem.

Cara ini adalah cara yang paling simple dan yang sering saya lakukan karena mudah dan simple.

  • Buka Program dengan mengklik logo windows di keyboard, kemudian ketik " Command Prompt " atau bisa dengan menekan tombol keyboard windows + r secara bersamaan, kemudian ketik " CMD " tanpa tanda petik.
Klik program ketikkan "command prompt"

  • Lalu ketikkan perintah berikut di command line " netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=rockypratama.com key=rockypratama "

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=rockypratama.com key=rockypratama  





Nah sekarang tethering sudah aktif, kalian tinggal menghubungkan device nya ke signal wifi yang telah kalian buat, kalian tidak perlu lagi untuk membeli router.



Itu kedua cara untuk mengaktifkan tethering menggunakan merk handphone android dan laptop.

Jika ada kesulitan dalam mengaktifkan tethering pada android atau laptop, ataupun kalian mempunyai cara yang berbeda atau bertanya bisa berkomentar di bawah.

Terimakasih...


Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar