--> Skip to main content

Tips membeli sepeda untuk orang awam

Rocky PA - Dimasa pandemi orang-orang banyak menggunakan sepeda untuk salah satu transportasi berolahraga, apalagi dihari libur, pengguna sepeda meningkat drastis yang menggunakan trasportasi sepeda. Karna dijalan banyak yang menggunakan sepeda akhirnya keinginan untuk membeli sepeda akhirnya keluar.

Hal pertama yang saya lakukan yaitu melihat-lihat dulu bentuk sepeda, bagus atau engga, enak dilihat atau engga. Maklum saya orang awam dalam memilah sepeda, saya belum tau pengguna sepeda.


Setelah itu saya buka marketplace e-commerce, saya lihat-lihat bentuknya hampir mirip semua dan rata-rata seperti tidak ada bedanya hehe, yahhh namanya juga orang awam pasti yang dilihat ya bentuk, yang penting bagus dan enak dilihat.

 

gambar hanya ilustrasi

Kemudian saya cari disebuah grup facebook follow my facebook - disekitar wilayah tempat saya, dengan keinginan yang tinggi untuk mempunyai sepeda akhirnya ketemulah 1 sepeda yang menurut saya harganya sangat-sangat murah dan saya tergiur untuk membelinya. Akhirnya saya chat dan telpon pemilik sepeda tersebut untuk menanyakan sepeda tersebut. Diketerangan dari lapak iklannya, sepedanya second harganya murah sangat-sangat murah ( sekitar 500rban +- ), yang saya cari sepeda MTB, bukan sepeda RoadBike, Lipat, FIXIE ataupun BMX.



Saya akhirnya kerumah sipenjual tempat sepeda tersebut untuk melihat sepedanya, sepedanya sepeda MTB ( MountainBike ) ukuran 27,5 sepedanya org dewasa, tetapi banyak minusnya seperti tidak ada RD ( Rear Derailleur ), FD ( Front Derailleur ), shifter - intinya pemindah transmisi gigi / untuk mengoper giginya gak ada, gear belakang menggunakan yang single, belum lagi joknya tidak ada busa, remnya belum cakram, dalam pikiran saya "ah sepeda cuman dipake sekitar rumah aja, ga jauh-jauh" ucap dalam hati saya wkwk, 

Setelah melihat sepedanya dengan pemikiran awam saya tadi akhirnya saya membeli sepeda tersebut, tetapi tetap dong dengan NEGO HARGA wkwk, karna untuk transportasi lah.


Keesokannya saya coba sendirian bersepada, setelah saya menggunakan sepeda yang baru saya beli, saya merasakan beberapa minusnya, bokong saya terasa sakit ( karna tidak ada busa pada jok sepeda ), ban sepeda bocor harus diganti ( okelah resiko membeli barang second ). Untuk hari pertama saya gunakan hanya itu kendalanya.

Emang gak dicoba dulu ? iya gak saya coba bawa jalan, kenapa ? karna hari itu hujan deras, jadi saya hanya mengecek body dan mendudukinya.

Kemudian saya menggunakan sepeda yang saya beli sama teman saya, saya bersepeda layaknya orang-orang dijalan, dan apa yang saya rasakan ? pegalnya terasa, benar-benar terasa dibagian paha, saya pikir karna saya baru pertama menggunakan sepeda, ternyata tidak. Pegal yang dirasa dikarenakan tidak adanya oper gigi pada sepeda, sepeda saya menggunakan gear single.

Akhirnya saya tanya-tanya ketoko bengkel sepeda untuk memperbaiki minus-minus sepedanya, setelah ditotal untuk memperbaiki sepeda saya kira-kira harganya hampir mendekati beli baru, WOW. Akhirnya saya urungkan niat tersebut.




Seminggu bertahan dirumah sepeda yang baru saya beli, AKHIRNYA SAYA JUAL LAGI dan saya tukar tambah dengan yang baru ke bengkel sepeda, dan harganya benar-benar turun dong. 

Penjual sepeda melihat keseluruhan, pertama dia melihat sepeda nya seperti hanya batangan, sempat tidak mau penjual sepedanya membeli sepeda saya karna tidak menggunakan gear double ( itu yang terpenting ), mungkin karna melihat saya nya dengan ekspresi sedih akhirnya penjual sepeda mau membeli sepeda saya. Tapi ya itu, ditawar dengan harga yang sangat turun dari yang saya beli, wajar sih dia tau kualitas sepedanya.


okee ini tips dari saya yang awam untuk di sepeda, tetapi ini bisa dijadikan bahan pertimbangan kalian juga siapa tau mau membeli sepeda.


TIPS MEMBELI SEPEDA

- Lihat dulu bodynya, apakah body / kerangka dari sepeda hasil cat ulang atau masih orisinil. kenapa ? jadi di saat kalian ingin menjual ulang, sepeda tetap pada cat aslinya. Biasanya dibody sepeda terdapat sticker / merk pada nama sepeda.

lebih baik terlihat kusam daripada hasil cat ulang

-  RD, FD, Shifter, Rante dll Ini harus ada PENTING. Jika kalian membeli sepeda apakah transmisi pada gigi nya berfungsi baik pada keduanya atau tidak, karna jika tidak kalian harus membawa kebengkel sepeda lagi untuk memperbaiki atau menggantinya.

- Jok yang masih memiliki BUSA, busa pada jok berguna saat kalian duduk disepeda tidak sakit.

- BAN sepeda juga harus dilihat, sebelum membeli alangkah baiknya dicoba dulu, apakah nyaman saat kalian gunakan ? apakah bannya langsung kempes atau bocor saat diperjalan saat kalian gunakan.

- REM tidak lupa juga, menurut saya ini juga penting harus memiliki rem yang cakram depan belakang karena nanti di perjalanan penting juga untuk menjaga kalian tetap aman.

- Lebih baik jika mendapatkan Tas mini, Helm, Bracket tempat minum, Bel.

JIKA MEMPUNYAI DUIT LEBIH, LEBIH BAIK MEMBELI BARU 
 

 

 

 

Sekian tips dari saya, jika kalian ingin membeli sepeda agar tidak terlalu tergiur dengan harga murah dan tidak terlalu terburu-buru.

Ada saran atau point tambahan pada Tips Membeli Sepeda ? Tulis aja dikolom komentar, untuk banyak pelajaran yang bisa diambil untuk para pembeli sepeda yang awam.

Newest Post
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui PayPal Atau Saweria Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain rockypratama.com Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum rockypratama

Buka Komentar
Tutup Komentar