Skip to main content
×

10 Macam Virus Komputer Dan Juga Cara Mengantisipasinya

Mengetahui adanya VIRUS KOMPUTER dan juga CARA PENCEGAHANNYA adalah wajib untuk kita ketahui, Terutama bagi kalian yg setiap harinya bekerja dan berada di depan komputer atau laptop. Bila komputer kalian tidak ingin cepat rusak, maka wajib bagi kalian untuk menjaga hardware maupun softwarenya. Disini saya akan menjelaskan cara menjaga komputer kalian dari bahaya nya sebuah virus, Tetapi perlu kalian ketahui jenis virus dan juga ciri-cirinya, Maka dari itu kalian penting untuk menjaga data di komputer kalian dari bahaya virus, terutama bila kalian mempunyai data penting di komputer kalian.


Jenis-jenis dari virus computer dan juga cara pencegahannya banyak. Beda jenis virusnya berbeda juga cara penanganannya. Ada 10 macam jenis virus dari komputer yg bisa saja menyerang komputer kalian kapanpun. Apakah itu semua virus berbahaya ? Sama seperti penyakit didalam tubuh, yang namanya virus pasti berbahaya dan bisa lebih parah jika kita tidak adanya tindakan upaya penyembuhan.

Ada dua penyebab datangnya virus ke komputer, Yang pertama melalui INTERNET ataupun melalui flashdisk yang didalamnya berisi virus kemudian di transfer dengan USB lalu menuju kekomputer kalian,Maka dari itu sebelum anda ingin mendownload file di internet ataupun mentransfer data melalui flashdisk harus diperhatikan dan hati-hati, bisa saja virus berasal dari file flashdisk ataupun file yang telah kalian download di internet.Bagi kalian yang tidak menginginkan komputernye cepat rusak, perhatikan instruksi sebelum mendownload file atau aktifkan antivirus saat ingin mentransfer file di flashdisk.

Virus Komputer ? Apa Itu ?

Virus adalah sebuah program yang disusupkan ke dalam komputer, yang bisa membuat menggandakan dan juga menyalin dirinya hingga menjadi banyak, dan juga bisa menyebar kedalam file / dokumen kalian yang berada di dalam harddrive kalian, dan yang paling parah bisa merusak/menghilangkan file penting tersebut. Bukan hanya itu virus juga dapat merusak sistem di software maupun hardware.

10 Macam Virus Komputer Dan Juga Cara Mengantisipasinya

Berikut macam-macam jenis virus yang diketahui :

  1. Worm, Virus yang bisa menggandakan dirinya, biasanya virus ini membuat memory pada komputer menjadi penuh.
  2. Memory Resident Virus, sama seperti worm virus yang dapat mengganggu kinerja RAM
  3. Web Scripting, Virus yang dibuat agar tampilan website menjadi unik dan enak dilihat, tetapi tujuan dan maksud nya adalah jahat.
  4. Boot Sector Virus, Virus yang dapat merusak harddrive kita.
  5. Companion, Virus ini dapat merusak data pribadi kita.
  6. Macro Virus, Virus ini berada pada email, dan bisa menginfeksi file di drive kita
  7. Polymorpic, Virus ini sangat ribet, karena dapat membuat komputer kita terpassword.
  8. Multipartite virus, Virus yang  bisa menginfeksi sistem pada komputer kita
  9. FAT ( File Allocation Table ) Virus ini bisa merusak suatu file yang berada pada drive komputer kalian.
  10. Trojan, Virus ini dibuat untuk sebuah tindakan pencurian data yang berada di dalam harddrive komputer.

Setelah kita ketahui beberapa jenis virus di atas, ada baiknya kita untuk tetap menjaga komputer kita, seperti tetap mengaktifkan antivirus setiap saat, jangan mendatangi situs yang sekiranya bisa mengidentifikasi dari virus dan juga jangan mendownload file yang tidak di ketahui, jangan sering mencolokkan flashdisk sembarangan karena kita tidak tau flashdisk itu mempunyai file yang berbahaya atau tidak, selalu update windows kalian, beli lah licensi nya jangan menggunakan yang bajakan, sekedar saran jika kalian ingin sistem operasi yang gratis dan open source lebih aman dari virus gunakanlah sistem operasi linux.

okee itu lah sekedar saran buat kalian semua, gunakanlah dengan bijak. Sistem operasi manapun, jika kalian tidak bisa menjaga komputer kalian dengan baik tetap saja akan terjadi hal yang tidak diinginkan, karena virus itu bisa datang dan dari mana saja, itulah artikel hari ini semoga kalian bisa menyukai postingan ini dan dapat pelajaran yang baru, jika kalian masih ada yang tidak memahami dari artike di atas, bisa berkomentar di bawah, dan kita akan mencari solusi nya bersama - sama.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar