Skip to main content
×

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak dan merecovery data yang hilang

Flashdisk adalah sebuah perangkat keras untuk penyimpanan data portable yang dibutuhkan dari berbagai kalangan, Dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena flashdisk mudah untuk di gunakan, tinggal colok ke perangkat komputer yang ingin di gunakan. Kita semua pasti punya sebuah flashdisk, terutama anak sekolah, Flashdisk sangatlah dibutuhkan untuk mengcopy data ataupun tugas-tugas sekolah mereka.

Di saat file ataupun dokumen kita telah masuk kedalam flashdisk, tiba-tiba flashdisk mendadak rusak, hal itu membuat kita sangatlah kesal, file atau dokumen yang sudah capek-capek kita buat malah flashdisk nya rusak, dan akhirnya kita harus mengulang lagi data-data kita yang telah kita buat karena flashdisk rusak tersebut sehingga flashdisk tidak bisa lagi untuk digunakan di perangkat komputer kita.




Untuk itu agar flashdisk dapat digunakan kembali di perangkat kita, hendaklah kita harus memperbaiki flashdisk yang rusak tersebut. Kita harus tau dahulu, Apakah flashdisk tersebut memang benar-benar rusak fisiknya atau hanya file yang hilang, karena biasanya untuk orang yang benar-benar awam tentang hal seperti itu biasanya akan di bilang rusak,jika file hilang tetapi flashdisk tersebut masih terdeteksi oleh perangkat kemungkinan file atau dokumen kita hanya di sembunyikan ( hidden ) oleh virus ataupun antivirus, jika di hidden oleh antivirus biasanya file tersebut type file nya tidak diketahui oleh antivirus tersebut, hal begini masih bisa di atasi dengan mengupdate software antivirusnya ataupun mematikan dahulu software antivirusnya barulah jalankan program yang ingin di running.

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak tanpa menghilangkan data

 

Seperti yang disinggung di atas, kemungkinan file atau dokumennya bukanlah rusak tetapi hanya disembunyikan ( hidden ).
  1. Buka Command Prompt ( CMD ) / bisa menekan Windows+R lalu klik ok
  2. Kemudian kalian akan melihat tampilan hitam ( CMD ) nyayang otomatis secara default akan berada pada partisi /C:
  3. Kemudian kalian harus masuk ke dalam flashdisk tersebut, jika flashdisk berada di G: maka kalian harus membuat berada ke G:
  4. Lalu kalian tinggal ketikkan " attrib -R -A -S -H -I /S /D " lalu ENTER
  5. Tunggu hasilnya hingga selesai, " JANGAN DI OTAK ATIK "
  6. Dan Selesai, File / Dokumen kalian telah kembali lagi

Recovery Flashdisk Rusak


Untuk merecovery flashdisk rusak, kita haruslah menggunakan software pihak ketiga / tambahan, karena dengan software tambahan lah kita dapat mengembalikan data yang telah hilang, Kalau dari pengalamanku saya menggunakan software EASUS DATA RECOVERY, dengan software inilah semua type format bisa di kembalikan data kita yang hilang,terhapus ataupun terformat.

Service Flashdisk Rusak


Jika cara di atas masih tidak bisa untuk memperbaiki flashdisk kalian yang rusak, kalian bisa langsung service saja ke tempat service-service yang terpercaya di kota anda, kasih sama yang lebih ahli dan berpengalaman dalam hal menangani kasus seperti ini, jika flashdisk sudah rusak hardwarenya atau bagian dalam nya, kemungkinan kecil file / dokumen kalian akan bisa di balikkan kembali datanya 100%, tetapi jika rusak masih bisa diatasi, kemungkinan data yang hilang masih bisa di kembalikan lagi.

Ingat data kalian sangatlah penting, maka kalian wajib untuk mempunyai BACKUP annya, karena jika data tersebut benar-benar rusak ataupun tidak bisa dikembalikan, maka kalian akan kehilangan data yang sangat berharga tersebut, jika data itu sebuah file skripsi maka kalian akan sangat susah untuk membuat data-data tersebut dengan mengulangnya kembali.

Okee itulah beberapa tips dan cara untuk memperbaiki flashdisk kalian yang rusak / mengembalikan data kalian yang di flashdisk, cara tersebut bisa kalian praktekkan langsung terhadap flashdisk kalian yang datanya disembunyikan oleh virus. Jika kalian menyukai artikel yang telah saya buat ini, kalian boleh mengshare artikel saya ini dan jangan lupa untuk memberikan sumbernya. Dan jika kalian mempunyai pertanyaan / keluhan dari masalah yang belum teratasi, bisa komentar di bawah ini, Sekian dan Terimakasih telah menyimak artikel ini...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar