Skip to main content

Belajar santai framework php | Konfigurasi codeigniter v3 dasar

Semester 4 saya mempelajari bahasa pemograman php dengan menggunakan framework codeigniter, mempelajari bahasa pemograman itu tidaklah terlalu berat, hanya harus tekun dan terus berlatih agar kita bisa dan paham tentang sintaks-sintaks bahasa pemograman.
Di internet sudah banyak bertebaran tutorial step by step tentang setting codeigniter, di artikel ini saya akan mengulas lagi tentang setting codeigniter dan membahas tentang framework codeigniter.

Apa itu codeigniter ? Menurut Wikipedia Codeigniter adalah sebuah web application network yang sifatnya open source,Codeigniter di rilis pertama kali pada tanggal 28 Februari 2016 oleh Rick Ellis. Framework codeigniter ini digunakan untuk membangun sebuah website menggunakan php. Codeigniter memudahkan developer web untuk membuat sebuah website dengan mudah dan juga cepat daripada harus membuat sebuah website dari awal dan tanpa framework atau PHP dinamis, Karena framework codeigniter ini menggunakan sebuah prinsip model MVC yaitu ( Model , View , Controller ).

- View, ini berfungsi untuk menerima dan juga mempresentasikan / menampilkan data kepada user, biasanya berupa file template HTML diatur oleh controller.

- Model, yang berhubungan langsung ke database seperti ( Insert, Update, Delete, Search ).

- Controller, Bagian yang mengatur hubungan antara bagian View dan juga Model, Controller inilah yang menerima request dan juga data dari user kemudian controller menentukan apa yang akan di proses oleh website.

Kerangka kerja framework codeigniter ini sederhana dan dapat di artikan sebuah kumpulan dari fungsi-fungsi ataupun prosedur-prosedur dan juga class.

alasan kenapa framework codeigniter ( CI ) menggunakan kerangka kerja :
  • dengan menggunakan sebuah kerangka kerja akan mempercepat dan juga mempermudah untuk membuat sebuah website
  • Lebih bebas dalam pengembangan jika dibandingkan menggunakan CMS

Beberapa alasan dari kelebihan framework codeigniter ( CI ) :
  • Dokumentasi yang sangat lengkap disertai contoh
  • Performa yang cepat, inilah salah satu alasan saya menggunakan codeigniter.
  • Konfigurasi yang tidak terlalu rumit, untuk mensetting dan juga menyesuaikan dengan database dan juga keleluasaan routing tetap diizinkan untuk mengkonfigurasi dengan cara mengubah beberapa file seperti database.php dan autoload.php
  • Sudah sangat banyak komunitas framework codeigniter ( CI ) untuk sharing, baik itu seorang junior developer dan juga experx developer.
Langsung saja ke prakteknya gan, Pertama kita haruslah mendownload paket codeigniter nya, Pilih versi framework codeigniternya, version yang saya pake adalah codeigniter 3.

Setelah terdownload hidupkan aplikasi XAMPP nya, kalau belum tau baca dulu artikel yang bawah

Baca Juga : Setting Xampp Pada Windows

extrack terlebih dahulu paket codeigniter yang tadi kita download, kemudian paket yang sudah terextract atau folder codeigniter di copy ke dalam folder Xampp - htdocs.

praktek konfigurasi codeigniter ( CI ) ini saya menggunakan sistem operasi Windows 7 .

paket codeigniter di dalam folder xampp htdocs

kemudian akses codeigniter nya di browser : localhost/codeigniter-3.1.9

jika berhasil maka akan tampil webview " Welcome To Codeigniter! ", Untuk mempermudah akses dan merubah nama url localhost/codeigniter-3.1.9 ganti nama folder codeigniter-3.1.9 di Xampp-htdocs

Mari melihat-lihat isi folder codeigniter-3.1.9, didalam folder codeigniter terdapat beberapa file dan 4 folder ( Application, system, tests dan user guide ) yang berisikan fungsi-fungsi dan juga class. Semua konfigurasi model MVC berada didalam folder Application.

Okee langsung saja kita konfigurasi.
* Pertama masuk ke dalam folder  Application - Config - buka file Autoload.php
( Untuk membuka file autoload.php gunakan notepad, notepad++,sublime atau text editor yang kalian sukai )
Pada file autoload.php tambahkan 'Url' dan 'File' di sebelah array di baris 92.

$autoload['helper'] = array('url', 'file');

* Setelah itu kita akan berpindah ke config.php , masih pada folder Application - Config - pilih config.php
Pada baris ke 6 di config base_url tambahkan url folder codeigniter, pada praktek ini kita menggunakan nama paket codeigniter-3.1.9

$config['base_url'] = 'http://localhost/CodeIgniter-3.1.9/';

Setting Helper dan Base_Url telah selesai, Sekarang kita akan mencoba membuat page view sendiri, Buka Notepad kemudian isi " Latihan Framework Codeigniter v3.1.9 bersama www.rockypratama.com " kemudian simpan didalam folder Xampp - htdocs - Codeigniter-3.1.9 - Application - Views dengan format index.php

* Untuk menampilkan pageview index.php , setting terlebih dahulu. Buka folder Application - Controllers - Welcome.php

Pada baris ke 23 rubah tujuan ' welcome_message ' menjadi ' index '.

$this->load->view('index');

Untuk melihat hasil nya, refresh url localhost/Codeigniter-3.1.9

View framework codeigniter

Okee latihannya sampai sini dulu ya, saya mau belajar step yg lainnya. Untuk membuat sebuah catatan saya harus mempraktekkannya terlebih dahulu baru tak dokumentasikan, agar di kemudian hari jika saya ingin melakukannya lagi tinggal mengikuti step by step artikel saya ini. Saya ingat apa yang dosen saya katakan " Tulisalah apa yang ingin ditulis, Agar ilmu tidak hilang begitu saja " ya saya anggap benar juga, pelajaran yang saya dapatkan di kampus jangan di simpan sendiri bagikan dengan orang lain, agar berguna.

Kalian belajar framework codeigniter sudah sampai mana ? sharing aja di bawah :)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar